• SMA N 2 KENDAL
  • Menjadikan Sekolah Bersih dan Sehat

Profil

SMA 2 Kendal berdiri pada tahun pelajaran 1996/1997. Keberadaan SMA 2 Kendal ini untuk mengantisipasi keadaan yang pada saat itu masyarakat Kota Kendal dan sekitarnya sangat membutuhkan tempat belajar, mengingat daya tampung sekolah yang ada tidak mencukupi untuk lulusan SLTP yang cukup banyak. Apalagi di Kecamatan Kota Kendal sendiri belum ada SMA Negeri yang menjadi dambaan masyarakat.

              Seperti lazimnya, keberadaan sekolah baru tentu belum didukung adanya sarana prasarana. Untuk itu SMA 2 Kendal saat memulai membuka pendaftaran sampai melaksanakan proses belajar mengajar berada di SMA Negeri Kendal (sekarang SMA 1 Kendal). SDM yang mengelola sebagian besar juga merupakan para guru dan karyawan SMA Kendal. Kepala sekolah dijabat oleh Bapak Mahjudi, BA yang juga Kepala SMA Kendal.

              Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 107 / O / 1997, tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1995/1996, SMA 2 Kendal merupakan salah satu sekolah yang mendapat SK Penegerian, bersama dengan 2.553 SMU lain di seluruh Indonesia, dengan nama SMU Negeri 2 Kendal, dan berlokasi di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Kendal. Kepala Sekolahpun beralih dari Bapak Mahyudi, BA ke Bapak Drs. Djoko Parmono.

              Lokasi sekolah yang berada di tengah-tengah sawah dan akses jalan yang belum memadai, merupakan kendala tersendiri bagi SMU 2 Kendal saat itu, terutama pada musim penghujan. Banjir dan jalan becek menjadi konsumsi para siswa dan guru untuk menuju lokasi sekolah. Belum lagi rumput liar yang tumbuh di halaman dan bagian belakang sekolah memerlukan perhatian bagi semua komponen sekolah.

              Seiring perjalanan waktu, SMU 2 Kendal mulai berbenah. Minat orang tua lulusan SLTP semakin banyak yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke SMU 2 Kendal. Walaupun sekolah ini merupakan sekolah alternatif, setelah gagal diterima di SMU 1 Kendal. Namun tekad dan semangat Kepala Sekolah beserta seluruh dewan guru menjadikan sekolah alternatif inipun semakin menunjukkan eksistensinya.

              Pada tahun 2001 kepemimpinan sekolah berganti lagi dari Drs. Djoko Parmono ke Drs. Iskandar. Tahun demi tahun pengembangan dibidang fisik sekolah terus dilaksanakan, sambil berbenah untuk tidak melupakan keberhasilan bidang akademik. Penghijauan mulai digalakkan. Pembuatan taman depan kelas, pavingisasi halaman untuk mengendalikan tumbuhnya rumput liar, serta pembangunan ruang kelas baru, tempat parkir tambahan, lab. Komputer, rehabilitasi musholla dan keramikisasi ruang kelas berjalan relatif lancar, tak lepas juga berkat dukungan Komite Sekolah.

              Keberhasilan bidang akademik juga relatif membanggakan semua kalangan. Ini terbukti dengan banyaknya lulusan SMU 2 Kendal yang mulai mengisi Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. Di kegiatan Ekstrakurikuler, banyak prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi SMU 2 Kendal, baik di event-event tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional. Pramuka SMU 2 Kendal cukup disegani oleh semua kalangan. Berbagai kegiatan lomba yang diikuti selalu mendapatkan prestasi membanggakan. Teater Genta SMA 2 Kendal yang baru seumur jagung, juga mampu menjuarai festifal di tingkat Provinsi, maupun Nasional. Ini semua tentunya menjadi kebanggaan sekaligus sebagai tantangan untuk meraih prestasi yang lebih, sesuai visi sekolah : Mengembangkan Jati Diri, Meraih Prestasi Tertinggi.

              Bukan hanya siswa saja yang berprestasi, guru-guru SMA 2 Kendal yang relatif masih muda-muda juga mampu menunjukkan prestasinya. Pada tahun 2003 seorang guru SMA 2 Kendal terpilih sebagai Juara I Lomba Guru Teladan Tingkat Kabupaten Kendal. Kemudian pada tahun 2006 ini seorang lagi terpilih menjadi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah walau belum berhasil di Tingkat Nasional.

              Pada tahun 2005/ 2006 SMA 2 Kendal dinilai oleh Tim Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi Jawa Tengah, dan mendapat predikat Amat Memuaskan (Nilai A). Semakin lengkap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh SMA 2 Kendal, terlepas dari berbagai kekurangan yang masih tetap ada, misalnya lokasi yang sempit agak sulit untuk mengembangkan bangunan fisik, akses dari jalan raya yang agak jauh menyebabkan sering terjadinya keterlambatan siswa, dan kendala-kendala yang bersifat ekses dari krisis ekonomi yang membuat sulitnya menggali dana dari orang tua siswa. Namun semua itu disikapi arif dan bijaksana oleh fihak sekolah, dengan banyaknya siswa yang diusulkan untuk mendapat bantuan bea siswa dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

                Kini SMA 2 Kendal mewakili Kabupaten Kendal dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala Tingkat Karesidenan Semarang. Merupakan tantangan baru bagi SMA 2 untuk mampu berprestasi ditingkat yang lebih tinggi.

Pada tahun 2019 sampai sekarang SMA Negeri 2 Kendal dipimpin oleh Bapak Noor Mohamad Abidun, S.Pd., M.Si

Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI Mengembangkan  Jati  Diri, Meraih Prestasi Tertinggi, Melestarikan Budaya dan Berwawasan Lingkungan MISI Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Ma

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 170 kali