A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smankend/public_html/websmanda/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smankend/public_html/websmanda/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sejarah SMANDA | SMA NEGERI 2 KENDAL

SMA NEGERI 2 KENDAL

Kelurahan Jetis kec. Kota Kendal Kab. Kendal

Telepon : +62-0294-383048 / 381028 Fax : + 62-0294-381028

Sejarah SMANDA

Selasa, 17 Juli 2018 ~ Oleh smanda2018 ~ Dilihat 92 Kali

SMA 2 Kendal berdiri pada tahun pelajaran 1996/1997. Keberadaan SMA 2 Kendal ini untuk mengantisipasi keadaan yang pada saat itu masyarakat Kota Kendal dan sekitarnya sangat membutuhkan tempat belajar, mengingat daya tampung sekolah yang ada tidak mencukupi untuk lulusan SLTP yang cukup banyak. Apalagi di Kecamatan Kota Kendal sendiri belum ada SMA Negeri yang menjadi dambaan masyarakat.
Seperti lazimnya, keberadaan sekolah baru tentu belum didukung adanya sarana prasarana. Untuk itu SMA 2 Kendal saat memulai membuka pendaftaran sampai melaksanakan proses belajar mengajar berada di SMA Negeri Kendal (sekarang SMA 1 Kendal). SDM yang mengelola sebagian besar juga merupakan para guru dan karyawan SMA Kendal. Kepala sekolah dijabat oleh Bapak Mahjudi, BA yang juga Kepala SMA Kendal.
Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 107 / O / 1997, tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1995/1996, SMA 2 Kendal merupakan salah satu sekolah yang mendapat SK Penegerian, bersama dengan 2.553 SMU lain di seluruhIndonesia, dengan nama SMU Negeri 2 Kendal, dan berlokasi di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Kendal. Kepala Sekolahpun beralih dari Bapak Mahyudi, BA ke Bapak Drs. Djoko Parmono.
Lokasi sekolah yang berada di tengah-tengah sawah dan akses jalan yang belum memadai, merupakan kendala tersendiri bagi SMU 2 Kendal saat itu, terutama pada musim penghujan. Banjir dan jalan becek menjadi konsumsi para siswa dan guru untuk menuju lokasi sekolah. Belum lagi rumput liar yang tumbuh di halaman dan bagian belakang sekolah memerlukan perhatian bagi semua komponen sekolah.
Seiring perjalanan waktu, SMU 2 Kendal mulai berbenah. Minat orang tua lulusan SLTP semakin banyak yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke SMU 2 Kendal. Walaupun sekolah ini merupakan sekolah alternatif, setelah gagal diterima di SMU 1 Kendal. Namun tekad dan semangat Kepala Sekolah beserta seluruh dewan guru menjadikan sekolah alternatif inipun semakin menunjukkan eksistensinya.
Pada tahun 2001 kepemimpinan sekolah berganti lagi dari Drs. Djoko Parmono ke Drs. Iskandar. Tahun demi tahun pengembangan dibidang fisik sekolah terus dilaksanakan, sambil berbenah untuk tidak melupakan keberhasilan bidang akademik. Penghijauan mulai digalakkan. Pembuatan taman depan kelas, pavingisasi halaman untuk mengendalikan tumbuhnya rumput liar, serta pembangunan ruang kelas baru, tempat parkir tambahan, lab. Komputer, rehabilitasi musholla dan keramikisasi ruang kelas berjalan relatif lancar, tak lepas juga berkat dukungan Komite Sekolah.
Keberhasilan bidang akademik juga relatif membanggakan semua kalangan. Ini terbukti dengan banyaknya lulusan SMU 2 Kendal yang mulai mengisi Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. Di kegiatan Ekstrakurikuler, banyak prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi SMU 2 Kendal, baik di event-event tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional. Pramuka SMU 2 Kendal cukup disegani oleh semua kalangan. Berbagai kegiatan lomba yang diikuti selalu mendapatkan prestasi membanggakan. Teater Genta SMA 2 Kendal yang baru seumur jagung, juga mampu menjuarai festival di tingkat Provinsi, maupun Nasional. Ini semua tentunya menjadi kebanggaan sekaligus sebagai tantangan untuk meraih prestasi yang lebih, sesuai visi sekolah : Mengembangkan Jati Diri, Meraih Prestasi Tertinggi.
Bukan hanya siswa saja yang berprestasi, guru-guru SMA 2 Kendal yang relatif masih muda-muda juga mampu menunjukkan prestasinya. Pada tahun 2003 seorang guru SMA 2 Kendal terpilih sebagai Juara I Lomba Guru Teladan Tingkat Kabupaten Kendal. Kemudian pada tahun 2006 ini seorang lagi terpilih menjadi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah walau belum berhasil di Tingkat Nasional.
Pada tahun 2005/ 2006 SMA 2 Kendal dinilai oleh Tim Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi Jawa Tengah, dan mendapat predikat Amat Memuaskan (Nilai A). Semakin lengkap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh SMA 2 Kendal, terlepas dari berbagai kekurangan yang masih tetap ada, misalnya lokasi yang sempit agak sulit untuk mengembangkan bangunan fisik, akses dari jalan raya yang agak jauh menyebabkan sering terjadinya keterlambatan siswa, dan kendala-kendala yang bersifat ekses dari krisis ekonomi yang membuat sulitnya menggali dana dari orang tua siswa. Namun semua itu disikapi arif dan bijaksana oleh fihak sekolah, dengan banyaknya siswa yang diusulkan untuk mendapat bantuan bea siswa dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.
Pada saat itu, dengan segala keterbatasan yang dimilikinya SMA 2 Kendal pernah mewakili Kabupaten Kendal dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala Tingkat Karesidenan Semarang. Hal ini merupakan tantangan baru bagi SMA 2 untuk mampu berprestasi ditingkat yang lebih tinggi.
Pada tahun 2009 terjadi perubahan kepemimpinan kepala sekolah. Drs. Iskandar selaku kepala sekolah lama digantikan oleh Dra. Anni Prabandari. Sebagai kepala sekolah yang baru Bu Anni biasa dipanggil memiliki banyak kebijakan. Kebijakan yang paling populis antara lain adalah penghijauan sekolah, tamanisasi, dan kesehatan sekolah. Selain itu, beliau berupaya menjadikan SMA 2 Kendal sebagai organisasi yang berbasis manajemen modern dan rasional. Untuk itu, pada tahun 2011, cita-citanya tersebut berhasil dengan dibuktikannya diraihnya ISO 9001: 2008. Dengan demikian, meskipun kategori SMA 2 Kendal masih RSKM waktu itu, namun manajemen administrasi sudah terstandarisasi secara internasional.
Pada akhir bulan Agustus 2011, kepemimpinan Dra. Anni Prabandari di SMA Negeri 2 Kendal berakhir. Beliau digantikan bapak Wahyudi, S.Pd., M.Pd., yang sebelumnya adalah kepala sekolah SMA 1 Gemuh. Sebagai Kepala Sekolah yang baru, beberapa prestasi sudah mampu diraihnya, baik berkaitan dengan bidang akademik, non akademik, serta pengembangan sarana dan prasarananya. Di samping masih melanjutkan program ISO 9001: 2008, beliau secara intensif mengajak semua komponen sekolah untuk mensukseskan Ujian Nasional 2012. Alhasil, sebagai bukti keseriusannya tersebut, akhirnya SMA 2 Kendal meluluskan siswa 100% dengan nilai yang sangat baik. Peringkat nilainya mengalami kenaikan, dari tahun sebelumnya yang sempat terpuruk, menjadi masuk tiga besar di Kabupaten Kendal. Bahkan, beberapa pelajaran seperti Geografi memperoleh peringkat nilai tertinggi di Kabupaten Kendal.
Selain itu, sebagai bukti prestasi lainnya adalah banyaknya siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. Umumnya, siswa SMA 2 Kendal banyak yang diterima di Universitas Negeri Semarang (UNNES) dibandingkan dengan PTN lainnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nampaknya UNNES masih menjadi pilihan lulusan SMA 2 Kendal untuk menambatkan cita-cita mereka sebagai guru Indonesia.
Pada bulan Oktober 2012, masa kepemimpinan Drs. Wahyudi, M.Pd sebagai kepala SMA 2 Kendal selesai. Beliau digantikan oleh Bapak Noor Mohamad Abidun, S.Pd, M.Pd. Beberapa kebijakan yang positif masih dilanjutkan oleh Kepala Sekolah yang baru seperti mengembangkan sarpras yang terkait dengan penambahan ruang kelas baru, pemasangan CCTV, pembelian layar LCD, penambahan komputer siswa, tamanisasi, kamar mandi yang representatif, kipas angin di setiap kelas, dan sebagainya. Di bidang kurikulum, kebijakannya adalah penambahan jam pelajaran, klinik akademik, home visit study, pengimbasan dan pelatihan guru-guru kurikulum 2013, matrikulasi, dan sebagainya. Di bidang kesiswaan, banyak tata tertib yang ditegakkan kembali seperti pemberlakuan jam masuk yang lebih ketat, pemberian lagu Indonesia Raya pada saat memulai dan pulang sekolah, pemasangan logo dan simbol sekolah di baju seragam siswa, penambahan ekstra yang variatif dan menarik, serta kewajiban semua siswa untuk mengikuti kegiatan pramuka.
Pada masa kepemimpinan Bapak Noor Mohamad Abidun ini, SMA 2 Kendal memperoleh prestasi yang gemilang. Dua tahun masa kepemimpinan, SMA 2 Kendal lulus 100%.  Hal ini sangat membanggakan mengingat pada periode sebelumnya masih ada siswa yang tertinggal di sekolahnya. Di bidang olah raga juga sangat gemilang, di mana SMA 2 Kendal mampu meraih prestasi yang sangat berlimpah. Tahun 2012, atas nama Angga Kusumawardhani, SMA 2 Kendal meraih juara Popda Bulutangkis tingkat nasional. Tahun 2013, atas nama Alex meraih juara 2 kejuaraan Tae Kwondo Internasional di Bali. Tahun 2013, Modern Dancing SMA 2 Kendal meraih juara 1 se-Kabupaten Kendal dan juara 2 tingkat ex-karesidenan Semarang. Tahun 2014, tim paskibra Smanda mendapat kepercayaan kabupaten untuk menjadi petugas paskibraka Kabupaten Kendal sebanyak 9 orang. Bahkan ada satu orang, untuk pertama kalinya dalam sejarah SMA 2 Kendal, menjadi anggota paskibra tingkat Jawa Tengah. Nama anak itu adalah Chandeni. Di bidang fotografi, atas nama M. Taufiqul Hafidz meraih juara pertama fotografi tingkat Kabupaten sebanyak tiga kali dalam even yang berbeda-beda. Di bidang seni suara, Emma Mar’atul Uswah meraih juara 3 lomba macapat tingkat Jawa Tengah. 
Di bidang akademik, di samping kelulusan 100% seperti yang telah disebutkan di atas, hampir semua siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 telah melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi baik negeri maupun swasta. Bahkan, beberapa siswa diterima di Sekolah Akuntasi Negara, STPDN, UGM, kepolisian, dan perhubungan.
Tidak hanya para siswa saja yang prestasinya luar biasa, guru-gurunya pun memiliki sumbangsih prestasi yang hebat dan luar biasa. Dalam lomba Penyusunan RPP baru-baru ini, bapak-ibu guru memperoleh juara. Mereka adalah Ibu Sri Murtini dan Ibu Ari Diah Pramesthi untuk mapel Geografi, Tuti Handayani untuk mapel Sejarah, Fauzia Wijayanti mapel Kimia, dan Adhi Ratna Tri Pamungkas mapel Sosiologi.
Demikian sejarah SMA 2 Kendal. Di usia yang menginjak 18 tahun ini, sudah sepantasnya kita semua memiliki perasaan yang sama pada SMA 2 Kendal. Dedikasi dan sumbangsih selalu kita berikan agar SMA 2 Kendal semakin harum, mekar, dan jaya di masa mendatang.   
Pada pertengahan Mei 2015, Kepala SMA 2 Kendal mengalami pergantian. Noor Mohammad Abidun, S.Pd., M.Si diganti oleh Yuniasih, S.Pd., M.Pd dari SMA 2 Sukorejo. Pergantian ini membawa beberapa perubahan yang cukup penting. Meskipun kebijakan yang ada melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Kepala Sekolah sebelumnya, namun dalam beberapa hal ada perubahan, yaitu: penekanan disiplin berangkat sekolah, displin mengajar, dan setiap kali menjelang mengajar ada briefing dari Kasek terlebih dahulu. Penekan aspek 5 (lima) S, yaitu: Sapa, Salam, Senyum, Sopan, dan santun dipraktikan dari jam pertama hingga jam terakhir. Pemberlakuan 5 hari sekolah terlaksanakan sesuai dengan instruksi gubernur Jawa Tengah yang ditindaklanjuti lewat uji coba terlebih dahulu, serta pemberlakuan sekolah Adiwiyata yang berorientasi lingkungan yang secara otomatis menambahkan pada aspek visi dan misi sekolah. 

...

Yuniasih,S.Pd, M.Pd

Beliau sudah mengajar selama puluhan hingga sekarang. Bu Yuni, begitu sapaan atau panggilan murid-murid kepada beliau. Guru Kelahiran Kulon Progo…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website smanda dapat membantu informasi yang diperlukan ?

LIHAT HASIL